Donnerstag, 14. Mai 2009

Bahasa.....

Sejak saya tinggal di Jerman, saya merasa bahasa Indonesia saya lama kelamaan makin tidak bagus.
Sebab di lingkungan sekitarku dan tempat kerjaku kami berbahasa Jerman, dengan suamiku kami berbahasa Inggris dan dengan sahabat karibku kami berbahasa Batak dan ketika saya bertelepon ke keluargaku di Indonesia kami juga berbahasa Batak dan jika saya berbicara dengan keponakan-keponakanku yang sama sekali tidak bisa berbahasa Batak dan mengharuskanku berbahasa Indonesia maka sangat sulit sekali merangkai kata-kata untuk memperlancar pembicaraan sehingga, kadang kadang keponakanku akan mengatakan "sudah yah tante Up, bicara sama mama aja ya???" hm..betekan!!

Setelah saya membuat blogku ini, banyak ide-ide yang ingin kutulis tentang berbagai hal,
akan tetapi saya juga merasa tulisan saya terlalu baku, tidak mengalir seperti seperti yang kuharapkan.
Dan untuk menulis cerita yang pendek sekalipun akan membutuhkan waktu yang lama hingga saya merasa tulisan saya ok dan masih tetap tidak ok.

Akan tetapi menurut adekku Melody itu biasanya terjadi untuk permulaan saja, lama kelamaan akan terbiasa dan hal itu membuatku bersemangat untuk menulis dan jikapun tulisan tulisan saya sedikit kaku mohon dimengerti, hehehehe

Keine Kommentare:

Kommentar veröffentlichen